Banjarmasin Utara Yang Perlu Kamu Tahu

Banjarmasin Utara adalah salah satu dari empat wilayah administratif di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Wilayah ini memiliki luas sekitar 28,74 km² dengan jumlah penduduk lebih dari 120 ribu jiwa (berdasarkan data BPS tahun 2020). Banjarmasin Utara terbagi menjadi 4 kelurahan yaitu Kelurahan Basirih, Kelayan Barat, Kelayan Tengah, dan Kelayan Timur.

Di Banjarmasin Utara terdapat beberapa pusat kegiatan ekonomi seperti Pasar Basirih yang terkenal dengan kerajinan anyaman pandan, Pasar Kelayan yang menjual berbagai jenis makanan khas Banjarmasin, dan Pasar Terapung Lok Baintan yang merupakan destinasi wisata kuliner yang populer.

Selain itu, Banjarmasin Utara memiliki beberapa objek wisata yang menarik seperti Taman Lambung Mangkurat yang memiliki kolam renang, arena futsal, dan arena bermain yang dapat dinikmati oleh seluruh kalangan. Ada juga Masjid Jami' Kelayan Barat yang memiliki arsitektur megah, sehingga menjadi salah satu destinasi wisata religi di kota Banjarmasin.

Selain itu, Banjarmasin Utara juga dilengkapi dengan fasilitas layanan kesehatan dan pendidikan yang terbaik, seperti RSUD Sultan Suriansyah dan beberapa universitas ternama seperti Universitas Lambung Mangkurat dan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari.

Demikianlah informasi singkat tentang Banjarmasin Utara yang bisa saya berikan. Saya harap bermanfaat bagi Anda untuk menulis tulisan panjang tentang Banjarmasin Utara. Jangan ragu untuk menghubungi saya jika ada pertanyaan lainnya.


Share: